YouTube Channel Favorit: Dust, ALTER dan Omeleto

Menonton di YouTube sudah menjadi bagian dari hidup kita sekarang. Bahkan nggak jarang ada orang yang sama sekali sudah nggak pernah nonton acara televisi lagi dan beralih ke YouTube atau streaming film berbayar seperti Netflix, Disney+, dan lain sebagainya. Apalagi di masa isolasi seperti sekarang ini, menonton film adalah salah satu jalan keluar untuk menghilangkan kebosanan dan rasa kangen menatap layar lebar bioskop. Kali ini aku mau share beberapa YouTube channel favoritku yang menayangkan film-film berkualitas dan tentunya tidak berbayar (untuk saat ini), antara lain Dust, ALTER dan Omeleto

Untuk orang-orang yang suka nonton film dengan genre Science Fiction atau Sci-Fi, pasti suka banget sama Black Mirror yang ada di Netflix. Nah, ternyata ada YouTube channel yang juga khusus menayangkan film dengan genre serupa, yaitu Dust. Dust ini menayangkan film-film pendek dengan durasi 8 – 15 menit. Walaupun durasinya pendek, tetapi plot dari film-film tersebut dirangkum dengan sangat bagus, padat dan bahkan membuat para penontonnya merasa seperti sudah menonton selama berjam-jam. Ada beberapa film dengan ending yang menggantung hingga membuat kita bertanya-tanya, ada juga plot yang jelas akhir ceritanya dan bahkan ada yang mind-blowing yang membuat kita berkata dalam hati, “Kok kepikiran kayak gitu, ya!”. Biasanya sinopsis film dicantumkan di bagian caption supaya kita punya bayangin film ini tentang apa, sih. Tapi, kalau ada plot yang ending-nya menggantung dan bikin bingung, biasanya aku bakalan cari tahu jawabannya melalui kolom komentar. Hehe

Image Source from DUST YouTube Channel

Sudah ada +100 koleksi film di kanal Dust yang per film tayang satu kali seminggu. Salah satu film yang aku suka berjudul Alientologists. Jadi ceritanya Bumi sudah nggak ada dan alien dari planet lain suka mengumpulkan artefak atau barang-barang peninggalan dari Bumi untuk dicek-cek di dalam pesawat luar angkasa mereka, contohnya seperti kaset tape, bola dunia, tap shoes, dan lain-lain. Lalu mereka menemukan Juke Box. Mereka terkagum-kagum dan happy banget waktu tahu kotak itu bisa mengeluarkan musik. Dengan tap shoes yang mereka temukan lebih dulu, mereka menari mengikuti irama lagu dengan riang. Sesederhana itu konsep ceritanya, tetapi sangat terasa tema futurisktiknya. 

Image Source – DUST YouTube Channel – Alientologists

Selain itu konsep cerita tentang manusia yang hidup berdampingan dengan Artificial Intelligent atau Al juga banyak di sini.Contohnya film A Date in 2025. Di tahun ini ada banyak orang yang hidup sendirian, nggak bersosialisasi di luar rumah dan hanya ditemani oleh Al sebagai asisten pribadi. Sampai-sampai Al yang menyarankan untuk mulai berpacaran supaya manusia ini nggak mati bunuh diri gara-gara kesepian. Daniel, pemeran pria di film ini, mungkin dia introvert atau mager, kerjanya hanya diam di rumah. Dia bertemu dengan seorang wanita muda di kelas virtual dan ingin mengajaknya berkencan namun ia tidak berani memulainya.

Image source from DUST YouTube Channel – A date in 2025

Jadilah Al berperan dalam membantu Daniel mendekati teman wanitanya itu dan mengajak berkencan langsung di dunia nyata. Selain itu juga di sini diperlihatkan bagaimana Al benar-benar memudahkan hidup kita di dalam dan di luar rumah. Bisa dibilang Al ini kerjanya seperti Jarvis di Iron Man. Yang membuat ‘wow’ adalah film ini menggambarkan kehidupan kita yang sangat futuristik hanya dalam lima tahun ke depan. Kalau kita terlalu lama diisolasi seperti sekarang ini, mungkin kehidupan kita bisa aja seperti Daniel.

Channel berikutnya adalah ALTER, channel ini spesialisasinya adalah horor. Tetapi jenis horornya di sini nggak semuanya tentang hantu. Jalan ceritanya unpredictable dan sudut pandang yang diambil juga beda dari biasanya.

Image Source from ALTER YouTube Channel

Ada salah satu film yang aku suka, judulnya iMom. Jadi ini seperti gabungan Sci-Fi dan Horor, yaitu tentang seremnya dunia ini kalau urusan hidup sehari-hari kita diambil alih sama teknologi, seperti masak dan mengurus anak. Ada lagi keseraman yang misterius dari anak-anak remaja yang memainkan sakelar lampu. Satu persatu dari mereka menghilang setiap sakelar itu diklik. Judul filmnya adalah Click. 

Selain itu ada juga horor yang sedih, nih. Judulnya A Father’s Day, film zombie yang mengambil sudut pandang dari zombienya sendiri. Pemainnya ada zombie bapak-bapak sama zombie anak perempuan remaja. Jadi hubungan keduanya masih deket banget seperti manusia biasa. Si Bapak Zombie ini menunjukkan rasa peduli dan sayangnya dia ke anak perempuannya, seperti berjalan terseok-seok berdua, menemani main ayun-ayunan (eh kok bisa? Iya nih, aneh juga), memberikan boneka Teddy Bear sampai membagi potongan tangan manusia.

Image Source from ALERT YouTube Channel – A father’s day

Pas nonton aku jadi terhanyut dan mulai berempati sama si zombie-zombie itu. Nggak taunya ada sniper yang menembak Si Bapak Zombie. Ya, Allah sedih banget, anak zombienya teriak seperti punya emosi lihat bapaknya ditembak. Tapi yang bikin bergidik adalah paralel ending-nya yang tidak terduga. Ternyata yang menembak adalah manusia yang masih hidup, bapak-bapak seumuran dengan Bapak Zombie yang lagi sembunyi di belakang mobil sama anak perempuannya yang juga seumuran sama anak zombie itu.

Gimana? Keren-keren, kan filmnya. Bedanya dari Dust, jadwal tayang film-film di channel ALERT adalah tiga kali seminggu. 

Kalau udah pengen nonton, bisa langsung ke channel-nya langsung. Hampir semua film-filmnya pakai Bahasa Inggris dan untuk film lokal dari negara tertentu, English caption-nya otomatis ditampilkan di film.

Terakhir adalah Omeleto. Omeleto adalah channel YouTube yang menayangkan film-film pendek yang sudah pernah mendapatkan penghargaan. Mereka menayangkan film yang menang di Sundance dan juga yang menjadi nominasi Oscar. Tidak seperti Dust dan ALERT, di channel ini terdapat berbagai genre film, seperti Horor, Sci-Fi, Drama, Comedy, Romance, Animation, Documentary dan Omeleto TV. 

Image Source from Omeleto YouTube Channel

Beberapa film di dalam ketiga channel di atas, ada beberapa kameo dari aktris dan aktor terkenal mancanegara seperti Amanda Seyfried, Maisie Williams, Isabella May Ramsey, David Bradley, dan masih banyak lainnya. Selain itu pemainnya adalah aktris dan aktor yang populer di negara pembuat film tersebut. Bahkan banyak komentar yang aku baca mengatakan bahwa akting dari para pemainnya sangat bagus sekelas aktor nominasi Grammy. 

Image Source from Omeleto YouTube Channel – Celebrities on Omeleto

Itu tadi beberapa channel YouTube favorit aku yang mungkin bisa menjadi referensi teman-teman tonton terutama pada masa pandemi dan Work From Home (WFH) seperti sekarang ini. Atau, kalau ada yang punya channel YouTube favorit yang lain, bisa share juga di kolom komentar. 

3 thoughts on “YouTube Channel Favorit: Dust, ALTER dan Omeleto

  1. halo kak. menarik sekali film-filmnya yaa. kayaknya yang channel DUST pernah muncul di beranda Youtube ku deh. mungkin mereka ke depannya akan berbayar kali ya. mngkin hehe.
    sabi nih jadi rekomendasi hiburan.
    terimakasih sharingnya yaa ^^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s